Dalam postingan kali ini, admin akan membagikan artikel tentang amalan apa saja yang biasa dilakukakn di bulan Ramadhan. Artikel ini diambila dari materi hari kedua pada SANLAT di SMA Negeri 1 Sukaresmi tahun 2018.

Berikut ini 5 amalan yang biasa dilakukan di bulan ramdhan ialah diantaranya :

  1. Berpuasa / Syiam

Puasa adalah suatu proses menahan diri dari makan minum dan segala hal yang membatalkan puasa sampai waktu tertentu yaitu dari terbit fajar hingga waktu adzan magrib, tentunya sudah menjadi kewajiban bagi kami selaku umat muslim dalam melaksanakan ibadah satu ini yang bisa dibilang ibadah yang banyak sekali memiliki banyak keutamaan. mengapa tidak karena hanya dilaksanakan sekali dalam setahun. lalu adapun dalil yang berkaitan perintah ibadah satu ini, tertuang dalam QS. AL – BAQARAH/2 : 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa

Dalam ibadah puasa ada 3 tingkatan :

Yang pertama ada puasanya orang awam, yaitu ibadah puasa yang menahan diri dari makanan dan minuman. lalu yang kedua ada puasanya orang khusus yaitu ibadah yang menahan diri dari makan, minum, syahwat, pendengaran, penglihatan dan segala perbuatan yang biasa saja membatalkan puasa. dan yang terkahir ialah puasanya orang shaleh .

2. Qiyam

Qiyam adalah berdiri atau tegak. contoh dari amalan Qiyam ialah shalat tarawih (dilaksanakan diwaktu setelah isya hingga waktu subuh)

3. Sedekah

Sedekah berarti mengeluarkan atau menyumbangkan sebagian harta yang kita miliki khususnya orang orang tertentu dan umumnya untuk semua orang.

4.  Membaca Al – Qur’an

Membaca al- qur’an telah menjadi amalan yang populer khusunya di bulan ramadhan ini. hal ini sebagaimana sunah rosul yang telah menhatamkan al- qur’an bersama malaikat Jibril sebanyak 60 kali hatam. jadi kita selaku umat nya patut meneladani hal tersebut.

5. Dzikir

Dzikir adalah aktifitas ibadah untuk mengingat Allah SWT. dengan menyebut nama dan memuji namaNya. Contohnya : Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, Astagfirullah, dll.